Kemdikbud Siap Selenggarakan Gelar Budaya Nusantara 2012


Kemdikbud Siap Selenggarakan Gelar Budaya Nusantara 2012
10/10/2012 (All day)

Jakarta — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan yang bekerja sama dengan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan menggelar sebuah acara bertajuk “Gelar Budaya Nusantara 2012″. Dengan mengambil tema ‘Ritus Budaya Pangan Nusantara’, acara ini akan diselenggarakan dari tanggal 27-29 Oktober 2012 di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Gelar Budaya Nusantara adalah acara yang menampilkan kesenian dan budaya dari beberapa daerah di Indonesia. Di acara ini, kita bisa melihat keunikan dan pesona kebudayaan dari tiap daerah di Nusantara.

“Kita tidak akan membiarkan seni tradisi mati ditelan zaman, melalui acara ini kita akan terus memperkuat seni tradisi di dalam negeri,” kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan, Wiendu Nuryanti, dalam jumpa pers Gelar Budaya Nusantara 2012 di Anjungan Daerah Istimewa Yogyakarta, TMII, Jakarta Timur, (9/10).

Nantinya, Gelar Budaya Nusantara 2012 akan menampilkan upacara-upacara yang berkaitan dengan pangan dari delapan komunitas adat. Di antaranya dari Kasepuhan Cisitu dan Kasepuhan Cisungsang dari Banten, Paninjauan asal Sumatera Barat, dan Tutup Ngisor dari Jawa Tengah.

Juga ada pula Dayak Kayan Bahau dari Kalimantan Timut, Osing Banyuwangi asal Jawa Timur, Manggarai dari NTT, serta Ngata Toro yang berasal dari Sulawesi Tengah. Ke delapan komunitas ini akan melakukan upacara di instalasi seni berbentuk sawah yang akan dibangun di sekeliling Monumen Tugu Api Pancasila, TMII.

Tidak hanya kebudayaan daerah, Gelar Budaya Nusantara 2012 juga akan menampilkan kebudayaan dari luar negeri.

“Ada banyak budaya yang akan ditampilkan di sini tiap harinya, juga ada pertunjukan budaya dari Meksiko, Venezuela, dan Amerika,” kata Suprapto Suryodarmo, Ketua Panitia acara Gelar Budaya Nusantara 2012 ini. Selain itu juga ada acara diskusi, workshop dan lomba foto yang dapat diikuti semua lapisan masyarakat.

Acara ini diperuntukkan pengunjung TMII, khususnya kepada anak-anak sekolah. Diharapkan, mereka dapat lebih mencintai budaya dalam negeri ke depannya,” ujar Direktur Operasional Taman Mini Indonesia Indah, Ade F Melilala saat jumpa pers. (EH)
sumber : http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/736

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s