>Wirausaha dan Kewirausahaan


>

Wirausahawan (enterpreneur) adalah seorang inovator yang menggabungkan teknologi yang berbeda dan konsep-konsep bisnis untuk menghasilkan produk atau jasa, yang mampu mengenali setiap kesempatan yang menguntungkan , yang menyusun konsep strategi perusahaan dan yang berhasil menerapkan ide-idenya.
Wirausahawan juga adalah mereka yang mampu menggerakkan perekonomian masyarakat uuntuk maju termasuk juga mereka yang berani mengambil resiko, mengkoordinasi kegiatan, mengelola modal atau sarana produksi, yang mengenalkan fungsi produk baru, dan mereka yang memiliki respon kreatif dan inovatif terhadap perubahan yang terjadi.
Joseph Shumpeter menyebutkan :
  1. Entterpreneur is an innovator, carrying put new combination. ( wirausahawan adalah seorang inovator, mengotak-atik sehingga menjadi sesuatu yang baru )
  2. Enterpreneurship is the prime creative socioeconomic force in society. ( kewirausahaan adalah kekuatan sosial ekonomi utama dalam masyarakat )
Kewirausahaan (enterpreneurship) merujuk kepada kepribadian tertentu yaitu pribadi yang mulia, yang mampu berdiri diatas kemampuan sendiri, yang mampu mengambil keputusan untuk dirinya sendiri serta mampu menerapkan tujuan yang ingin dicapai atas pertimbangannya sendiri. Setiap usaha yang dijalankan, bahkan oleh mereka yang sukses senantiasa dimulai dengan adanya semangat kewirausahaan (enterpreneurship spirit ).
Wirausaha haruslah memiliki tiga kemampuan sekaligus dalam hal membeli (dari pemasok untuk proses internal ), membuat ( agar memiliki nilai tambah ), dan menjual ( kepada pelanggan ).
Wirausaha ( enterpreneur ) bukanlah sekedar pedagang, namun jauh lebih dalam maknanya yaitu yang berkenaan dengan mental manusia, rasa percaya diri, efisiensi waktu, kreativitas, ketabahan, keuletan, kesungguhan dan  moralitas dalam menjalankan usaha mandiri yang tujuannya untuk mempersiapkan tiap Individu maupun masyarakat agar dapat hidup layak sebagai manusia yang kehadirannya ditujukan untuk mengembangkan dirinya, masyarakat, alam dan kehidupan.
( dikutip dari buku Membangun Spirit Enterpreneur Muda Indonesia )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s